SERVICE IPHONE DAN IPAD NOT CHARGING ?
SERVICE IPHONE DAN IPAD NOT CHARGING ?
Beberapa dari pengguna iPhone atau iPad pasti ada yang pernah mengalami permasalahan ketika mengisi daya menggunaan charger. Hal seperti ini kadang menjadi pertanyaan, apakah iPhone dan iPad harus di Servis dan di Repair-kan ke Apple Service Store terdekat ? atau dapat kita perbaiki sendiri ?. Seperti masalah dimana perangkat yang digunakan tidak bisa dicas atau koneksi charger tidak tersambung. Tentu masalah ini akan membuat kalian emosi apalagi ketika baterai pada iPhone atau iPad sedang lemah.
Sebelum memutuskan untuk membawanya ke Service iPhone atau Service iPad terdekat di Kota kamu, alangkah baiknya jika pengecekan kamu lakukan kepada Lightning Cable kamu, atau jika kamu menggunakan iPad seri terbaru yang sudah menggunakan Type-C Cable, kamu mungkin juga harus melakukan pengecekan pada alat pendistribusi tegangan ini ya Joe !
Namun apabila pada kabel charger tidak ada masalah, beberapa tips Self Service iPhone dan iPad Not Charging ini dapat kamu aplikasikan agar pertolongan pertama dapat kamu lakukan saat menghadapi masalah ini ya Joe !
1. Restart Perangkat iPhone atau iPad
Jangan terburu-buru membawa iPhone dan iPad kamu ke tempat Service Apple atau Apple Store Joe !, karena di beberapa kasus, kerusakan atau masalah seperti ini dapat kamu atasi sendiri dengan me-Restart iPhone atau iPad kamu. Hal ini juga merupakan bagian jika pengguna ingin masuk ke recovery mode, dan menginstal ulang iOS atau iPadOS jika diperlukan. Cara me-Restrart perangkat juga tergantung pada model iPhone yang kalian pakai, kalian dapat me-restart iPhone 8 ke atas dengan cara :
- tekan tombol volume up dan down,
- kemudian lanjut dengan tekan dan tahan tombol power
- lalu tunggu hingga logo Apple muncul di layar
- ketika logo sudah muncul, lepaskan tombol power
Pada seri iPhone 7,7+,8,dan 8+ kamu bisa menekan tombol Power hinggal menu Slide for Shutdown muncul ya Joe, lalu jika sudah dipastikan benar-benar ter-Shutdown, nyalakan lagi iPhone dengan menekan tombol Power hinggal logo Apple muncul
Untuk pengguna iPhone 6s atau lebih lama, kalian bisa tekan tombol home dan lock hingga logo Apple muncul. Sedangkan untuk pengguna iPad, kalian juga dapat melakukan hal yang sama. Bagi model tanpa tombol home, kalian bisa tekan dan lepas tombol volume up dilanjutkan dengan down, dan tombol power. iPad dengan tombol home, kalian bisa tekan dan tombol atas dan home bersamaan hingga logo Apple muncul.
2. Gunakan Kabel atau Charger Lain
Tips selanjutnya adalah, coba dengan Charger-Set lain. Kasus seperti Not Charging pada iPad tidak melulu mengerucutkan permasalahan pada Devicenya Joe, memperhatikan perangkat pendukung seperti Kabel Cas atau Adapter juga perlu menjadi bahan pertimbangan. Coba lihat kondisi kabel. Kalian harus memastikan jika masing-masing ujung kabel Lightning atau USB-C masuk ke dalam port. Terkadang kabel tak sengaja tertarik dan membuat ujung kabel tidak masuk ke dalam port dengan benar, nah hal ini yang akan memberikan permasalahan jangka Panjang pada Apple Device kamu Joe…
Hal seperti ini sering ditanyakan oleh para Customer iJOE, “Gimana sih? Cara Charging yang baik itu?” nah, para Staff iJOE Apple Service Workshop Surabaya, selalu menyarankan untuk menggunakan aksesoris pendukung seperti Kabel ataupun Adapter Original yang berlabelkan MFi, hal ini dapat meminimalisir risiko Service iPhone ataupun iPad kamu Joe… Bila setelah kalian pastikan semua tercolok dengan baik namun masih bermasalah, maka coba untuk mengganti kepala charger dan kabel yang dipakai, kalian dapat coba untuk menghubungkan iPhone atau iPad ke laptop untuk melihat apakah baterai terisi. Meski kabel charger terlihat tidak bermasalah, ada baiknya kalian mencari kabel pengganti sebagai cadangan. Akan tetapi, pastikan jika kabel atau kepala charger yang dibeli merupakan produk resmi atau original yang sudah mendapatkan lisensi dari Apple dengan label MFi. Jika kalian memakai charger bajakan, maka akan berbahaya kepada baterai iPhone atau iPad kalian.
Bagi kalian yang mengisi baterai pakai charger wireless, coba untuk mencopot casing iPhone dan kembali letakkan iPhone kalian di tempat pengisi baterai.
3. Bersihkan Port Charging dari Kotoran
Berikutnya tips Self Service iPhone dan iPad Not Charging adalah dengan mengecek apakah Port Charging iPhone atau iPad kamu kotor dan berdebu ?. Sedikit Fun-Fact, beberapa Apple Service Store menggunakan ketidaktahuan kita ini sebagai salah satu alasan kerusakan Servis Apple (Khususnya iPhone & iPad) Joe…, dengan hanya membersihkan Port Charger iPad atau iPhone kamu sehingga pin Port Charger dan pin kabel terkoneksikan dengan baik lagi, mereka bisa saja memberikan biaya mahal Loh !
Kalian bisa coba mengecek port pada iPhone atau iPad dari debu atau serat pakaian, jika terlihat ada kotoran maka ada baiknya untuk membersihkan port. Namun membersihkan port pada perangkat juga diperlukan kehati-hatian. Sebelum mulai membersihkan, pastikan kalian sudah mematikan perangkat. Lalu periksa kondisi port charging menggunakan senter. Kenapa demikian ? hal ini perlu dilakukan agar kedepannya kamu tidak melakukan kesalahan dalam penanganan awal, sehingga dapat membuat iPhone atau iPad kamu rusak lebih parah dan ujung-ujungnya kamu membawanya ke tempat Servis Apple terdekat lagi dong di kota kamu ?
Lalu, coba bersihkan dengan menggunakan cotton bud,secara perlahan. Jika masih menemukan kotoran yang tersangkut di port, kalian bisa menggunakan tusuk gigi atau jarum untuk mengambil kotoran tersebut. pastikan untuk berhati-hati agar bagian metal di port tidak rusak atau patah.
4. Update iOS atau iPadOS
Cara terakhir untuk mengatasi permasalahan ketika iPhone atau iPad kalian tidak bisa di cas yaitu dengan update iOS atau iPad iOS ke versi yang paling baru. Sebelum daya baterai pada perangkat kalian habis, alangkah baiknya untuk mengecek apakah ada update OS untuk iPhone atau iPad. Untuk cara melakukannya pada iPhone atau iPad, kalian dapat membuka Settings, kemudian klik General, dan cari Software Update. JIka ada pemberitahuan untuk update, maka kalian bisa ikuti petunjuk yang ada pada layar ponsel kalian. Memperbarui iPhone atau iPad kalian ke perangkat lunak terbaru yang tersedia akan memastikan bahwa masalah pengisian daya tidak disebabkan oleh masalah pada perangkat lunak iOS atau iPadOS. Masalah atau penyebab terjadinya iPhone atau iPad tidak bisa di cas bukan hanya karena hardware yang bermasalah, namun juga bisa disebabkan oleh masalah yang ada pada software OS.
iJOE Apple Service Surabaya memiliki bonus tips untuk kalian agar charger iPhone dan iPad tidak cepat rusak, diantara lain:
- Bersihkan port charger iPhone secara rutin agar terbebas dari debu yang menghambat arus listrik
- Gunakan konektor charger magnetic untuk mencegah lubang charger cepat longgar atau aus
- Gunakan aksesoris kabel dan kepala charger yang original atau sudah berlisensi MFi
- Hindari melakukan cabut pasang kabel charger terlalu sering, tunggu sampai baterai terisi penuh
- Untuk iPhone terbaru, kalian bisa gunakan wireless charging untukmengurangi frekuensi cabut pasang kabel charger.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah, jangan terlalu terburu-buru men-Service iPhone atau Service iPad kamu ke Service Apple Store terdekat dikota kamu, jika permasalahan dapat kamu tanggulani sendiri ya Joe…, Coba dulu beberapa tips diatas, agar secara Real-Time kamu memiliki database penyelesaian permasalahan atau minimal pertolongan pertama pada beberapa kasus kerusakan Not Charging pada Apple Device kamu Joe…
Demikianlah artikel kami dalam : DOWNGRADE IOS ?. Punya masalah dengan Produk Apple anda? Apple Service Surabaya adalah Penyedia layanan Service Produk-produk Apple seperti :
• SERVICE IPHONE
• SERVICE IPAD
• SERVICE IMAC
• SERVICE MACBOOK
iJOE Apple Service Surabaya Kami Melayani Service Apple, Service iPhone, Service MacBook, Service iPad, Service iMac di Kota Surabaya dan Sekitarnya.
“Service Apple yang Berkualitas dan Trusted itu seperti apa sih?”. Tentunya ini adalah pertanyaan yang sering terpikirkan oleh para pengguna Apple Device. Kerusakan pada Apple Device kamu tentunya menjadi hal yang menyebalkan, So pasti menghambat aktivitas yang berhubungan dengan Digital Working bukan?.
Yups, dengan kesebalan dalam hati, dan di-beberapa kasus kerusakan yang tidak terlalu parah sampai harus membuang Apple Device lama kamu dan membeli yang baru, layanan jasa Repair adalah solusi paling benar dalam menanggulani masalah kamu saat ini.
Keuntungan Service di iJOE Apple Service & Workshop Surabaya :
- Mendengarkan dan memahami terlebih dahulu keluhan calon customer dengan detail.
- Konsultasi dan Check-Up kerusakan secara gratis
- Pengerjaan yang transparan dan dapat dilihat langsung dalam proses pengerjaan
- Pengerjaan yang relatif cepat dan bisa ditunggu dalam 15 menit – 2 jam pengerjaan.
- Melakukan proses pengerjaan berdasarkan Analisa dan Observasi sesuai dengan SOP yang berlaku di iJOE Apple Service & Workshop Surabaya.
- Harga kompetitif dengan hasil yang maksimal dan bergaransi Panjang ( 1 – 6 Bulan Garansi )
- Satu-satunya Apple Workshop yang berlokasikan di Surabaya pusat.
- Teknisi Spesialis di setiap produk Apple yang dikerjakan.
Untuk menjamin kepuasan pelanggan akan layanan service perbaikan iPhone di iJOE Service Apple Surabaya, Apple Device yang Anda miliki langsung ditangani sendiri oleh teknisi berpengalaman dan profesional. Segala komponen dan peralatan yang memadai didukung ketersediaan sparepart yang original dan kami hanya membutuhkan waktu 1 jam termasuk menguji perangkat Apple Anda dengan Komponen baru setelah proses perbaikan Anda tidak perlu menunggu lama anda juga bisa melihat langsung proses pengerjaannya.
Artikel Terkait : APPLE LOCKDOWN MODE
Service iPhone : iJOE Surabaya, dalam pengerjaan Service iPhone, iJOE Surabaya selalu mengedukasi calon customer sebelum pengerjaan Service iPhone dilanjutkan.
Service iPad : iJOE Surabaya, dalam pengerjaan Service iPad yang tentunya lebih besar dan berisiko dari iPhone, Tentunya kita akan lakukan pengecakan terlebih dahulu sebelum mengeluarkan estimasi biaya Service iPad Tersebut.
Service Macbook Center : iJOE Surabaya, untuk pengerjaan Service Macbook kita mengedepankan pengecekan yang intens dan detail, karena dalam pengerjaan Service Macbook sangat berisiko dan memang dibutuhkan tenaga Profesional yang berpengalaman
Service iMac Surabaya : iJOE Surabaya memiliki teknisi spesialis untuk pengerjaan iMac anda. Dalam pengerjaan kami transparan dan anda dapat melihat langsung proses pengerjaannya.
- Whatsapp:0811-3308-355
- Google Bisnis : iJOE Service Apple Surabaya
- Instagram : @ijoe.surabaya
- Twitter : @ijoe_surabaya
- Facebook :@ijoe.surabaya
- Youtube : IJOE Service
- Linkedin : IJOE Apple Service Surabaya
- TikTok :@ijoe.surabaya
Customer service IJOE Apple Service Surabaya akan selalu siap melayani anda!
Lihat postingan ini di Instagram
This guy’s actually good at writing an article xxoxoxoxox, Good Job iJOE Apple Service Surabaya