BERAKHIRNYA ERA IPOD

OLA JOE… Bagi para penikmat nada, tentunya ga asing dong sama yang namanya iPod, salah satu produk legendaris ini pernah memikat pasar musik dunia. Kamu yang pernah punya iPod, tentunya ga asing dong dengan jargon legendaris satu ini, “Say hello to iPod. 1,000 songs in your pocket.” But, funfact, Jargon ini bukan hanya sekedar kalimat promosi loh guys… nyatanya pada masa itu iPod memang dapat menampung lebih dari 1000 lagu didalam benda mungil yang pas banget di kontong kita itu ya Joe…

 

Wajah Baru Bagi Para Penikmat Music.

BERAKHIRNYA ERA IPOD

     Steve Jobs yang cemerlang, kala itu ingin membuat gebrakan baru bagi para panikmat music yang menghadirkan sebuah perangkat praktis dan carriable banget yang pastinya sangat unik banget pada kala itu. Namun sayangnya, pamor iPod semakin menurun dari tahun ke tahun. Seperti perangkat Apple lainnya, iPod tentunya selalu berkembang dari tahun ke tahun ya Joe… seperti Update pada bentuk, fitur-fitur, dan perangkat lunak didalamnya untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

But… kenapa Produk satu ini saat ini eksistensinya memudar ? apakah yang terjadi pada iPod ? dan kenapa Apple memutuskan untuk menghentikan produk ini ?

Mari simak lebih dalam ketikan cape MasMin iJOE Apple Service dalam pembahasan Selesainya Era iPod.

Baca juga : APPLE LOCKDOWN MODE

Keputusan menghentikan produksi iPod ini sebenarnya telah tersirat sejak awal iPod diluncurkan, kala itu Founder Apple Steve Jobs mengatakan bahwa “Produk ini bukan Mac” yang mengandung kemungkinan bahwa Apple tidak akan terlalu meng-Highlight iPod itu sendiri. Namun retorikanya adalah, kala itu Steve Jobs juga mengatakan bahwa Musik adalah kebutuhan setiap orang. Sedikit membingungkan memang, namun konspirasi ini pecah pada 2019 lalu

BERAKHIRNYA ERA IPOD

Tanda-tanda berakhirnya Era iPod sudah terbaca pada 2019 lalu dimana iPod sudah tidak di Update lagi oleh Apple. iPod memang sangat lambat dalam perbaruan Device entah itu System maupun bentuk fisik. iPod terakhir yaitu iPod Touch Gen 7 sendiri sudah bertahan 3 tahun dari tahun peluncurannya pada 2019 silam hingga sekarang, dan dinobatkan sebagai iPod generasi terakhir yang menandakan berakhirnya era iPod.

BERAKHIRNYA ERA IPOD 5Saat ini yang tersisa dari era iPod hanyalah iPod Touch Gen 7 sebagai iPod generasi terbaru sekaligus terakhir. iPod Gen 7 masih beredar di pasaran dengan syarat “Jika Ada” karena iPod ini menjadi salah satu produk Apple yang terakhir dan ter-Langka.

Produk Legendaris satu ini nampaknya sangat melekat di hati para penggunanya kala itu. Mari Throwback sejarah si mungil satu ini, Launching iPod pada 2001 dulu, kala itu, iPod menjadi Legion dan wajah baru para penikmat Music. Pada masanya, iPod menjadi produk terlaris karena tidak dipungkiri lagi, kapasitas yang dapat menampung lebih dari 1000 lagu melebihi kapasitas MP3 pada kala itu.

iPod memanglah bukan First Playing Music Device yang menggunakan MP3, namun desainnya yang menampilkan nuansa baru dan praktis, membuat mayoritas penikmat music mulai beralih dari CD/Kaset ke iPod. Disamping semua kecanggihan pada masanya, kepraktisan dalam membagikan lagu atau File Sharing, memakan pasar cukup besar di industri musik dunia.

Baca juga : TIPS SEBELUM MEMBELI IPHONE BEKAS !

Saat pertama kali Produk ini di luncurkan, Apple terlihat sangat serius dalam produksinya. Apple memikirkan betul selera pasar, desain, dan fitur-fitur pada iPod. Tidak hanya itu, peluncuran beberapa seri seperti seri Touch, iPod mini, iPod Nano, dan iPod Shuffle sangat memikat pasar pada 2001 silam. Dikutip WWDC, dari segi pangsa pasar iPod dapat dikatakan cukup sukses karena menguasai 70% pangsa pasar global untuk gadget kategori pemutar MP3 ini. Sampai saat ini, tercatat jumlah produk iPod yang berhasil terjual mencapai 400 juta unit.

Kanibalisme Teknologi

BERAKHIRNYA ERA IPOD 3

Dalam perkembangan iPod di tahun 2017,  Apple mulai menghentikan penjualan iPod Nano dan iPod Shuffle. Pada saat itu para pakar teknologi digital memprediksikan bahwa produk lainnya seperti Touch akan segera menyusul.

Faktor lain pemicu berakhirnya era iPod adalah perkembangan fitur yang ada pada Smartphone yang memungkinkan penggunanya dalam mengakses dan menndengarkan berbagai jenis music dengan lebih mudah, praktis, dan detail. Dan dapat dikatakan juga kemunculan iPhone pada 2007 lalu menjadi titik berakhirnya era iPod karena fitur-fitur yang disuguhkan lebih Futuristic dan beberapa Fitur pada iPod juga terpasang pada Operating System iPod. Tidak dapat dipungkiri juga, memang penurunan penjualan iPod sangat dipengaruhi oleh penjualan iPhone yang semakin meningkat.

Tidak menutup kemungkinan dengan penciptaan iPhone, Apple tidak memikirkan dampak pasar pada iPod dan terkesan terjadi Kanibalisme pada iPod ini sendiri. Namun juga tidak menutup kemungkinan, Apple meluncurkan iPhone sebagai gebrakan baru dengan mengorbankan iPod yang menjadi pendahulunya.

Sebenarnya dari segi harga iPod Touch memang lebih murah dan cukup bersaing  jika dibandingkan dengan harga iPhone. Sebagai gambaran  harga iPod Touch besutan tahun 2019 dijual dengan harga US $ 199, sedangkan harga iPhone yang termurah harganya mencapai US $ 429. Walaupun jika dilihat dari level teknologinya versi Touch menyerupai smartphone yang memungkinkan penggunakan untuk mengambil foto, mengirim email, dan melakukan panggilan video, namun kembali lagi kepada perkembangan teknologi yang menghadirkan kemudahan, kecanggihan, dan fitur-fitur yang relatable pada perkembangan zaman.

Baca juga : 7 PRODUK APPLE YANG AKAN DILUNCURKAN MULAI SEPTEMBER 2022

Smartphone produk Korea dan Tiongkok yang kini merajai penjualan untuk kategori Smartphone murah menawarkan teknologi yang tidak kalah canggihnya dengan teknologi yang dimiliki oleh Apple, sehingga menjadi faktor yang juga berkontribusi pada kematian iPod.

 

Merevolusi Cara Menikmati Musik

BERAKHIRNYA ERA IPOD 5

Tidak dipungkiri lagi, kemunculkan iPod memang telah mengubah industri musik dunia dan gaya hidup para penikmat musik. Sejak peluncuran iPod, banyak selebriti dunia seperti John Mayer, U2, Oprah Winfrey menggunakan dan mendukung keberadaan produk yang revolusioner ini, karena fitur yang dihadirkan dinilai mempermudah para Fans untuk mendengarkan karya mereka. Bahkan beberapa produsen mobil mewah dunia memasang sistem built in  iPod di mobil yang menjadi tren dunia otomotif.

Jadi ada benarnya ketika Steve Jobs dalam peluncuran iPod di tahun 2001 lalu menyatakan “With iPod, listening to music will never be the same again.” Adalah suatu jargon penggebrak dunia permusikan.

Yah… Era kejayaan iPod memang telah berakhir, namun tampaknya jiwa dan semangat revolusioner iPod yang telah mengubah dunia dan gaya hidup orang dalam menikmati musik dan video akan abadi dan terkenang selamannya.

MacBook Service Repair

iPad Service Repair

Demikianlah artikel kami dalam : BAHAS : SERVICE APPLE . Punya masalah dengan Produk Apple anda? Apple Service Surabaya adalah Penyedia layanan Service Produk-produk Apple seperti : 

SERVICE IPHONE
SERVICE IPAD
SERVICE IMAC
SERVICE MACBOOK

iJOE Apple Service Surabaya Kami Melayani Service Apple, Service iPhone, Service MacBook, Service iPad, Service iMac di Kota Surabaya dan Sekitarnya.

“Service Apple yang Berkualitas dan Trusted itu seperti apa sih?”. Tentunya ini adalah pertanyaan yang sering terpikirkan oleh para pengguna Apple Device. Kerusakan pada Apple Device kamu tentunya menjadi hal yang menyebalkan, So pasti menghambat aktivitas yang berhubungan dengan Digital Working bukan?.

Yups, dengan kesebalan dalam hati, dan di-beberapa kasus kerusakan yang tidak terlalu parah sampai harus membuang Apple Device lama kamu dan membeli yang baru, layanan jasa Repair adalah solusi paling benar dalam menanggulani masalah kamu saat ini.

Keuntungan Service di iJOE Apple Service & Workshop Surabaya :

  • Mendengarkan dan memahami terlebih dahulu keluhan calon customer dengan detail.
  • Konsultasi dan Check-Up kerusakan secara gratis
  • Pengerjaan yang transparan dan dapat dilihat langsung dalam proses pengerjaan
  • Pengerjaan yang relatif cepat dan bisa ditunggu dalam 15 menit – 2 jam pengerjaan.
  • Melakukan proses pengerjaan berdasarkan Analisa dan Observasi sesuai dengan SOP yang berlaku di iJOE Apple Service & Workshop Surabaya.
  • Harga kompetitif dengan hasil yang maksimal dan bergaransi Panjang ( 1 – 6 Bulan Garansi )
  • Satu-satunya Apple Workshop yang berlokasikan di Surabaya pusat.
  • Teknisi Spesialis di setiap produk Apple yang dikerjakan.

Untuk menjamin kepuasan pelanggan akan layanan service perbaikan iPhone di iJOE Service Apple Surabaya, Apple Device yang Anda miliki langsung ditangani sendiri oleh teknisi berpengalaman dan profesional. Segala komponen dan peralatan yang memadai didukung ketersediaan sparepart yang original dan kami hanya membutuhkan waktu 1 jam termasuk menguji perangkat Apple Anda dengan Komponen baru setelah proses perbaikan Anda tidak perlu menunggu lama anda juga bisa melihat langsung proses pengerjaannya.

Service iPhone : iJOE Surabaya, dalam pengerjaan Service iPhone, iJOE Surabaya selalu mengedukasi calon customer sebelum pengerjaan Service iPhone dilanjutkan.
Service iPad : iJOE Surabaya, dalam pengerjaan Service iPad yang tentunya lebih besar dan berisiko dari iPhone, Tentunya kita akan lakukan pengecakan terlebih dahulu sebelum mengeluarkan estimasi biaya Service iPad Tersebut.
Service Macbook Center : iJOE Surabaya, untuk pengerjaan Service Macbook kita mengedepankan pengecekan yang intens dan detail, karena dalam pengerjaan Service Macbook sangat berisiko dan memang dibutuhkan tenaga Profesional yang berpengalaman
Service iMac Surabaya : iJOE Surabaya memiliki teknisi spesialis untuk pengerjaan iMac anda. Dalam pengerjaan kami transparan dan anda dapat melihat langsung proses pengerjaannya.
Kunjungi Outlet Spare Part dan Service produk Apple kami di Jl. Raya Menur No.2 C, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60286, Indonesia.
Ingin berkonsultasi masalah produk apple anda? Silahkan hubungi kami di kontak berikut:

Customer service IJOE Apple Service Surabaya akan selalu siap melayani anda!

Salam iJOE Dalam Artikel : BAHAS : SERVICE APPLE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

YouTube
LinkedIn
Share
Instagram
WhatsApp
Tiktok